Pengertian Mesin Cuci

Posted by Info Harga Mesin Cuci 2016 Terbaru

Advertisement

<a href="http://trendmesincuci.blogspot.com/2014/11/pengertian-mesin-cuci.html">Pengertian mesin cuci</a>

trendmesincuci. Pengertian mesin cuci adalah suatu mesin yang digunakan untuk mencuci pakaian, handuk, sprei dan barang-barang lainnya yang terbuat dari bahan kain. Mesin cuci juga sekaligus digunakan untuk membilas dan memeras bahan-bahan cucian. Berikut ini sedikit gambaran mengenai pengertian mesin cuci.

Pengertian Mesin Cuci
Di daerah perkotaan adanya mesin cuci merupakan hal yang lumrah karena mesin ini sudah menjadi kebutuhan hidup masyarakat kota. Adanya mesin cuci membantu meringankan pekerjaan sehari-hari baik itu wanita karier, ibu rumah tangga maupun pria single lainnya.

Wanita karier membutuhkan mesin cuci karena ia sendiri sangat sibuk dengan urusan pekerjaannya dan tidak mau direpotkan dengan urusan cuci mencuci dengan menggunakan tangan. Begitu juga dengan pria single yang bahkan tidak ada yang mengurusi dalam urusan cuci mencuci.

Ibu rumah tangga membutuhkan mesin cuci karena sibuk mengurusi urusan rumah tangga lainnya seperti memasak, membersihkan rumah dan urusan keluarga lainnya. Bahkan keluarga kaya tetap membutuhkan mesin cuci karena tidak ingin pembantunya membuang waktu hanya digunakan untuk urusan yang sudah ada mesinnya. Atau bisa juga pembantu hanya sebagai baby sitter sehingga untuk urusan mencuci pakaian diserahkan pada mesin cuci.

Mesin cuci merupakan peralatan rumah tangga yang terbuat dari komponen-komponen listrik dengan tenaga penggerak elektrik berupa motor listrik yang diubah menjadi tenaga mekanis. Tenaga mekanis ini mampu mencuci, membilas, memeras dan mengeringkan cucian.

Berdasarkan cara kerjanya mesin cuci terbagi menjadi 2 jenis yaitu mesin cuci manual dan mesin cuci otomatis. Pada mesin cuci manual memiliki 2 tabung untuk menampung pakaian. Satu tabung untuk proses pencucian dan pembilasan tabung lainnya untuk proses pemerasan.

Saat ini perkembangan mesin cuci telah sampai pada mesin cuci otomatis. Dimana pada mesin cuci otomatis semua pekerjaan mulai dari mencuci, membilas dan memeras sudah dikerjakan otomatis oleh mesin cuci tanpa campur tangan manusia.

Pada mesin cuci otomatis kita hanya mensetting saat awal memulai proses pencucian selanjutnya mesin cuci akan otomatis mengisi air, mencuci, memeras dan membilas. Kemudian setelah pakaian benar-benar bersih kita tinggal melakukan penjemuran.

Mesin cuci otomatis saat ini tersedia dalam mesin cuci bukaan atas (top loading) dan mesin cuci bukaan depan (front loading). Dimana pada masing-masing mesin tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, baik dari cara penggunaannya, perawatannya, penggunaan listriknya maupun pada harganya.

Related Post