9 Cara Membersihkan Mesin Cuci Front Loading

Posted by Info Harga Mesin Cuci 2016 Terbaru

Advertisement

Mesin cuci merupakan salah satu produk elektronik yang paling banyak digunakan oleh para ibu rumah tangga. Kegunaan dari mesin cuci ini sendiri adalah untuk mempermudah proses mencuci pakaian secara otomatis. Jadi apabila tidak menggunakan mesin cuci, kita perlu mengucek, dan mencelupkan cucian beberapa kali, dan tentu kegiatan tersebut memerlukan tenaga dan waktu yang tidak sebentar, sangat tidak efisien untuk para ibu rumah tangga yang memiliki pekerjaan mengurus rumah, maka dengan menggunakan mesin cuci kegiatan mencuci akan digantikan serba otomatis oleh mesin cuci.

Namun anda juga perlu memperhatikan dan merawat mesin cuci kesayangan anda. Jangan sampai mesin cuci anda tiba-tiba rusak saat akan digunakan, tentunya hal ini akan membuat anda jengkel. Dengan mengetahui dan menerapkan tips membersihkan dan merawat mesin cuci yang benar berikut, maka jaminan mesin cuci anda akan tetap dalam kondisi prima walaupun terlalu sering digunakan.

Mesin cuci apabila terlalu sering digunakan akan terlihat kotor, tidak hanya pada bagian depan, tapi juga pada bagian samping dan dalam. Mesin cuci juga memiliki jenis yang berbeda, ada mesin cuci yang memiliki bukaan atau pintu pada bagian depan / front loading, dan mesin cuci yang memiliki bukaan atau pintu pada bagianatas / top loading.

Cara membersihkan mesin cuci bukaan depan

1. Jangan gunakan mesin cuci minimal 2 jam sebelum anda memutuskan untuk membersihkan nya.

2. Kosongkan seluruh isian atau bagian dalam, jangan sampai ada benda atau cucian yang tertinggal.

3. Masukkan air panas secukupnya lalu jalankan program pencucian. Langkah ini bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa detergen yang mengendap di dalam mesin cuci.

4. Lalu, tuangkan dua gelas cuka putih ke dalam tempat isian detergen, lalu jalankan program pencucian dengan aturan suhu 40 derajat. Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan bau.

5. Kemudian, jika mesin cuci anda memiliki tempat isian detergen atau laci detergen, lepaskan tempatnya, dan rendam kedalam air. Jika terlihat kotor, anda harus merendam nya kedalam campuran air panas dan karbol secukupnya. Jangan lupa, baca aturan penggunaan pada label produk karbol untuk memastikan panduan penggunaannya.

6. Kemudian, sambal menunggu proses laci detergen yang telah direndam, basahi kain dengan air panas, lalu gosokkan ke seluruh bagian pintu mesin cuci. Tarik pinggiran karet penyegel mesin cuci secara perlahan untuk membersihkan kerak sisa sabun dan kotoran.

7. Jangan lupa, lap juga bagian sambungan saluran yang menghubungkan laci detergen dan tabung mesin cuci

8. Jika perlu, gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan residu pada laci detergen yang direndam

9. Bilas kering, dan pasangkan kembali laci detergen pada tempat nya.

Related Post