Tips Terbaik Membeli Mesin Cuci Untuk Keperluan Rumah Tangga

Posted by Info Harga Mesin Cuci 2016 Terbaru

Advertisement

Tips Terbaik Membeli Mesin Cuci Untuk Keperluan Rumah Tangga - Ketika anda hendak memutuskan untuk membeli mesin cuci, pastinya anda harus melakukan analisa terhadap beberapa merek dan produk mesin cuci yang dijual di pasaran. Dengan melakukan analisa ini, anda dapat mendapatkan pengetahuan yang cukup untuk mengambil keputusan atau tindakan untuk memilih dan membeli mesin cuci yang anda inginkan, selain itu dengan memiliki pengetahuan akan beberapa produk dan merek mesin cuci, anda jadi mendapatkan gambaran mengenai mesin cuci ideal yang anda inginkan, sehingga nantinya anda tidak salah beli.

Tips Terbaik Membeli Mesin Cuci Untuk Keperluan Rumah Tangga
Tips Terbaik Membeli Mesin Cuci
Berbagai merek dan produk mesin cuci yang dijual di pasaran memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Misalnya saja mesin cuci merek Samsung dengan mesin cuci merek Toshiba, tentu dari sisi spesifikasi, dan desain memiliki perbedaan, apalagi dari sisi fitur dan harga, biasanya akan disediakan brosur yang mencakup data spesifikasi produk tersebut, yang akan membantu anda dalam mengambil keputusan.

Anda perlu memahami bahwa mesin cuci selain dari segi merek, juga terdapat perbedaan dari segi bukaan. Secara umum di pasaran ada dua jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci bukaan atas atau top loading, dan mesin cuci bukaan depan atau front loading. Untuk lebih memahami lebih lanjut tentang mesin cuci bukaan atas (top loading) dan mesin cuci bukaan depan (front loading) anda bisa membaca artikel saya yang satunya ). Nah, ternyata menurut situs rinso.co.id, mesin cuci selain berbeda jenis bukaan dan merek, ternyata juga memiliki perbedaan dari segi tabung.

Untuk mesin cuci tabung, di pasaran terdapat dua jenis mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung. Masing-masing dari jenis mesin cuci tersebut memiliki perbedaan pada proses pengeringan, dimana pada mesin cuci 1 tabung, proses mencuci dan mengeringkan terjadi di dalam satu wadah, sedangkan pada mesin cuci 2 tabung, proses antara mencuci dengan pengeringan memiliki wadah terpisah, dimana pada proses mencuci dilakukan di tabung utama (berukuran lebih besar), dan untuk proses pengeringan dilakukan di wadah tabung yang lebih kecil. Anda juga perlu memahami bahwa mesin cuci sudah dipatok kapasitasnya, jadi anda tidak boleh melebihi batas kapasitas yang di tolerir, secara umum mesin cuci yang ada di pasaran memiliki kapasitas yang berbeda-beda, dari mulai kapasitas 6kg, 7kg, 8kg, 9kg, bahkan sampai 10kg.

Lantas bagaimana memilih mesin cuci yang benar ?, begini situasinya, di Indonesia orang cenderung lebih tertarik pada produk dengan harga murah, ketimbang produk yang memiliki kualitas bagus namun harganya mahal. Maka dari itu, mesin cuci yang lebih ekonomis biasanya banyak di serbu pembeli. Menurut Majalah Nova, mesin cuci yang hemat energy menjadi lebih popular di kalangan para ibu rumah tangga. Namun begini, kita tidak bisa hanya menggunakan satu variable (harga) untuk melakukan perbandingan dalam rangka mengambil keputusan, perlu beberapa variable pendukung agar menghasilkan tindakan atau keputusan yang lebih berbobot.

TIPS TERBAIK MEMILIH MESIN CUCI

1.    Pilih Mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan anda
Tips yang pertama ini adalah salah satu tips yang paling penting dari keseluruhan tips, karena langkah ini adalah langkah yang krusial, kenapa ?,  Karena membeli mesin cuci untuk keperluan pribadi juga ada factor-faktor atau variable pengaruh, misalkan seperti berapa kali dalam sehari pemakaian mesin cuci, lalu pikirkan juga system pembuangan air, dan juga system pemasukan air, lalu ukuran mesin cuci apakah sedang, kecil, atau besar, sesuaikan dengan kebutuhan anda. Biasanya kalau untuk keperluan pribadi, anda perlu memperhatikan berapa banyak anggota keluarga anda, dan ukuran mesin cuci, semakin banyak anggota keluarga, berarti semakin sering anda menggunakan mesin cuci, dan kapasitas mencuci juga cukup besar, pilih mesin cuci yang hemat energy dan berkapasitas lebih dari 5 kg.

2.    Hemat Energi
Menurut tabloid nova, mesin cuci hemat energy adalah mesin cuci yang menggunakan daya antara 90-230 watt untuk mencuci dan 40-130 watt untuk pengeringan.  Sebaiknya disarankan untuk memilih mesin cuci 2 tabung agar lebih hemat energy, karena masing2 wadah proses pencucian dan pengeringan, watt nya berbeda, anda bisa memilih watt yang paling rendah agar bisa lebih hemat energy.

3.    Pilih merek yang paling laris
Dipasaran banyak sekali merek-merek mesin cuci baik dari merek produsen elektronik terkemuka seperti Samsung, atau LG, bahkan juga ada merek KW atau Palsu yang sering kita jumpai di pasaran Indonesia, jelas hal ini sangat merugikan anda bila anda salah memilih produk merek mesin cuci. Usahakan anda memilih merek mesin cuci yang sudah umum di pasaran dan memiliki banyak peminat, misalkan Samsung, Toshiba atau LG, karena dengan anda memilih mesin cuci dengan merek popular, maka ada jaminan merek dagang atau jaminan perbaikan resmi.

4.     Garansi dan Jaminan Perbaikan Resmi
Langkah ini masih satu paket dengan nomor 3, apabila anda memilih membeli mesin cuci dengan merek popular, maka dapat dipastikan anda akan mendapatkan jaminan produk bergaransi dan jaminan service atau perbaikan resmi.

Related Post