Cara Mencuci Pakaian Dengan Mesin Cuci

Posted by Info Harga Mesin Cuci 2016 Terbaru

Advertisement

Mesin cuci merupakan salah satu produk elektronik yang paling banyak digunakan oleh para ibu rumah tangga. Kegunaan dari mesin cuci ini sendiri adalah untuk mempermudah proses mencuci pakaian secara otomatis. Jadi apabila tidak menggunakan mesin cuci, kita perlu mengucek, dan mencelupkan cucian beberapa kali, dan tentu kegiatan tersebut memerlukan tenaga dan waktu yang tidak sebentar, sangat tidak efisien untuk para ibu rumah tangga yang memiliki pekerjaan mengurus rumah, maka dengan menggunakan mesin cuci kegiatan mencuci akan digantikan serba otomatis oleh mesin cuci.

Namun tahukah anda pada jaman dahulu, tepatnya sebelum memasuki tahun 2000, orang-orang menggunakan cara manual untuk mencuci pakaian. Karena pada jaman itu, mesin cuci belum di produksi secara manual untuk keperluan rumah tangga. Walaupun mencuci telah digunakan untuk keperluan bisnis seperti laundry, namun penggunaan mesin cuci untuk keperluan pribadi masih belum sepopuler sekarang ini. Karena pada tahun 80-an, mesin cuci yang diproduksi memerlukan daya listrik yang sangat besar, sehingga apabila digunakan untuk keperluan pribadi, akan sangat merugikan. Sehingga tidak heran bahwa pada tahun-tahun 80 sampai 90-an, bisnis laundry begitu popular di kota-kota besar.

Memasuki tahun 2000, kebutuhan untuk mencuci pakaian sendiri di rumah dengan menggunakan mesin cuci mulai digandrungi oleh para ibu rumah tangga. Karena dengan memiliki mesin cuci sendiri, dirasa lebih praktis untuk mencuci pakaian, ketimbang harus mencuci menggunakan jasa laundry. Kebutuhan mesin cuci untuk keperluan rumah tangga rupanya telah di respon positif oleh produsen-produsen elektronik terkemuka semacam Samsung, LG, Toshiba, dan Polytron. Mereka berlomba-lomba menciptakan produk mesin cuci dengan berbagai spesifikasi dan fitur yang telah mengadopsi teknologi canggih, salah satu teknologi canggih tersebut adalah fitur go green, yang memungkinkan mesin cuci dijalankan dengan daya listrik yang rendah, dan juga air yang dibutuhkan juga sedikit, sehingga akan sangat menghemat tagihan listrik dan air anda.

Untuk mencuci dengan menggunakan mesin cuci, anda hanya perlu memasukkan pakaian kotor anda kedalam mesin cuci beserta sabun cuci secukupnya. Kemudian anda perlu menekan tombol on untuk menyalakan mesin dan tunggu sampai proses pencucian selesai. walaupun telihat cukup mudah, namun masih banyak orang belum paham cara mencuci dengan menggunakan mesin cuci. Jangan sampai cucian anda malah berantakan dan justru malah rusak akibat anda salah mencuci menggunakan mesin cuci. Untuk itu anda perlu memperhatikan penjelasan di artikel ini, mengenai cara mencuci menggunakan mesin cuci yang baik dan benar.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah kumpulkan pakaian kotor anda dalam satu wadah. Kemudian pisahkan berdasarkan warna. Perhatikan jangan campurkan pakaian berwarna putih  dengan pakaian berwarna lain agar nanti pada saat proses pencucian, warna pakaian tidak tercampur, atau luntur.

Kemudian perhatikan pada tanda tag atau label khusus pada pakaian anda, perhatikan masing-masing pakaian perlu cara mencunci dan penanganan yang berbeda. Kemudian untuk mendapatkan hasil maksimal anda perlu merendam pakaian menggunakan detergen dalam wadah khusus. Kemudian jika pakaian anda terdapat noda membandel, rendam dalam air detergen dengan wadah terpisah, dan jangan di campur dengan proses cucian pakaian yang tidak terkena noda.

Kemudian jika proses pencucian telah selesai, maka mesin cuci akan otomatis menghentikan proses kerja mesin. lalu angkat cucian dan pindahkan ke tabung pengering untuk menghilangkan sisa air agar tidak lembab, kemudian segera jemur di tempat terbuka yang terkena sinar matahari, agar cucian terbebas dari kuman dan bakteri.

Related Post