Cara Membersihkan Mesin Cuci Top Loading

Posted by Info Harga Mesin Cuci 2016 Terbaru

Advertisement

Cara Membersihkan Mesin Cuci Top Loading - Mesin cuci merupakan salah satu produk elektronik yang paling banyak digunakan oleh para ibu rumah tangga. Kegunaan dari mesin cuci ini sendiri adalah untuk mempermudah proses mencuci pakaian secara otomatis. Jadi apabila tidak menggunakan mesin cuci, kita perlu mengucek, dan mencelupkan cucian beberapa kali, dan tentu kegiatan tersebut memerlukan tenaga dan waktu yang tidak sebentar, sangat tidak efisien untuk para ibu rumah tangga yang memiliki pekerjaan mengurus rumah, maka dengan menggunakan mesin cuci kegiatan mencuci akan digantikan serba otomatis oleh mesin cuci.

Namun anda juga perlu memperhatikan dan merawat mesin cuci kesayangan anda. Jangan sampai mesin cuci anda tiba-tiba rusak saat akan digunakan, tentunya hal ini akan membuat anda jengkel. Dengan mengetahui dan menerapkan tips membersihkan dan merawat mesin cuci yang benar berikut, maka jaminan mesin cuci anda akan tetap dalam kondisi prima walaupun terlalu sering digunakan.

Cara Membersihkan Mesin Cuci Top Loading
Cara Membersihkan Mesin Cuci Top Loading
Mesin cuci apabila terlalu sering digunakan akan terlihat kotor, tidak hanya pada bagian depan, tapi juga pada bagian samping dan dalam. Mesin cuci juga memiliki jenis yang berbeda, ada mesin cuci yang memiliki bukaan atau pintu pada bagian depan / front loading, dan mesin cuci yang memiliki bukaan atau pintu pada bagian atas / top loading.

Cara membersihkan mesin cuci top loading:

Bila anda telah mengetahui dan menerapkan cara membersihkan mesin cuci front loading, maka sebaiknya anda juga perlu mempelajari cara membersihkan mesin cuci top loading. Langkah-langkah membersihkan mesin cuci top loading atau bukaan atas tidak jauh berbeda dengan membersihkan mesin cuci front loading, namun proses nya lebih sedikit.

1.    Jangan gunakan mesin cuci minimal 2 jam sebelum anda memutuskan untuk membersihkan nya

2.    Kosongkan seluruh isian atau bagian dalam, jangan sampai ada benda atau cucian yang tertinggal

3.    Kemudian, tuangkan air panas secukupnya dan mulai proses pencucian. Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan bekas atau sisa detergen yang mengendap di dalam mesin cuci

4.    Kemudian, setelah anda memulai menjalankan proses pencucian dan mesin cuci mulai berguncang, tambahkan kurang lebih 790 ml cuka putih dan 70 gram bubuk soda kue.

5.    Tunggu hingga larutan tersebut tercampur selama kurang lebih 50 detik, kemudian matikan mesin cuci dan hentikan proses pencucian. Lalu diamkan dalam keadaan turn off sekitar 1,5 jam.

6.    Setelah 1,5 jam, anda pastikan bahwa dinding tabung mesin cuci telah terendam, lalu nyalakan dan mulai kembali proses pencucian hingga selesai.

7.    Kemudian, matikan dan hentikan proses mencuci, lalu lap dan bersihkan bagian dalam menggunakan kain karbol. Jika terlihat kotor, anda harus merendam nya kedalam campuran air panas dan karbol secukupnya. Jangan lupa, baca aturan penggunaan pada label produk karbol untuk memastikan panduan penggunaannya.

8.    Lalu pastikan anda mengelap seluruh bagian dalam mesin cuci, termasuk bagian pinggiran dan langit-langit bagian dalam hingga bersih.

Related Post