Sudah Tahu Bagaimana Menggunakan Mesin Cuci Hemat Energi ?

Posted by Info Harga Mesin Cuci 2016 Terbaru

Advertisement

Mesin cuci hemat energy adalah salah satu jenis fitur pada mesin cuci yang paling banyak digandrungi oleh para ibu rumah tangga. Mesin cuci hemat energy biasanya dibanderol dengan harga yang cukup murah, biasanya  di pasaran sendiri mesin cuci hemat energy harga nya berkisar antara Rp. 700.000 sampai Rp. 5 juta, tidak heran dengan harga yang terbilang cukup terjangkau ini membuat mesin cuci dengan fitur hemat energy sangat popular di kalangan ibu rumah tangga.
Sekarang ini di pasaran sangat banyak tersedia beragam model mesin cuci hemat energy.


Banyak produsen elektronik terkemuka yang berlomba-lomba mengklaim bahwa mesin cuci yang diproduksinya adalah mesin cuci hemat energy. Dengan memiliki mesin cuci hemat energy, akan sangat membantu dalam hal hemat biaya listrik, dan biaya tagihan air yang tiap bulan dikeluarkan. Namun sayangnya, tidak semua orang mau berpikir untuk membeli mesin cuci hemat energy, ada beberapa alasan dimana orang tersebut tidak mau membeli mesin cuci hemat energy dikarenakan, mungkin sudah punya mesin cuci namun, mesin cuci yang dimiliki adalah tipe kuno, atau mungkin di dalam rumahnya sudah tidak tersedia ruang yang cukup untuk meletakkan mesin cuci yang baru, sehingga apabila dipaksakan untuk membeli mesin cuci hemat energy malah akan menambah sesak rumah.

Anda pasti sudah mengetahui bahwa mesin cuci terdapat 2 jenis, yaitu mesin cuci front loading dan mesin cuci top loading. Masing-masing  jenis mesin cuci tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, namun jika kita berbicara mesin cuci hemat energy, saya merekomendasikan untuk membeli mesin cuci front loading, karena selain hemat listrik, juga hemat air. Namun sayang nya, di pasaran sendiri harga untuk satu unit mesin cuci front loading masih cukup mahal yakni antara 3 juta sampai 5 juta itupun tergolong yang paling murah. Sebenarnya ada juga mesin cuci top loading yang hemat energy dan lebih murah bila dibandingkan deengan mesin cuci front loading, namun kualitas dan kinerja mesin cuci top loading kurang bagus apablia di bandingkan dengan mesin cuci front loading.

Bagi anda yang tidak ingin membeli mesin cuci front loading karena terlalu mahal, ataupun anda sudah memiliki mesin cuci namun dengan tipe kuno, anda masih bisa melakukan hemat energy terutama energy listrik yang memang setiap tahun tariff listrik rumah tangga selalu mengalami peningkatan.

1.    Gunakan air Secukupnya

Gunakan air secukupnya, apalagi ini memasuki musim kemarau, banyak tempat di daerah-daerah sedang mengalami kekeringan dan kekurangan air. Setelah air bilasan pertama, gunakan untuk perendaman di cucian berikutnya, baru kemudian dibilas dengan air bersih.

2.    Mencuci Semi Manual

Tidak sepenuhnya menggunakan mesin cuci itu praktis, walaupun anda menggunakan mesin cuci, tetap saja anda perlu menunggu sekitar 10 menit hingga proses mencuci selesai. Selama proses menunggu ini, listrik yang dikeluarkan untuk proses otomatisasi mesin terbilang cukup besar yakni sekitar 500-800 watt, itupun tergantung kapasitas mencuci, apabila anda mencuci terlalu banyak, maka daya listrik yang dikeluarkan juga meningkat.

Dari pada anda membuang waktu untuk menunggu dan juga boros listrik, kenapa anda tidak melakukan secara manual, misalnya biarkan mencuci menggunakan mesin cuci, lalu proses pembilasan dilakukan secara manual. Hal ini selain akan lebih hemat listrik, juga akan mempercepat proses pencucian.

3.    Pengeringan
Lakukan proses pengeringan dengan cara manual yaitu dengan cara menjemur pakaian di tempat terbuka yang langsung terkena sinar matahari. Cara ini dirasa sangat hemat energy mengingat, apabila menggunakan mesin cuci untuk proses pengeringan, maka daya listrik yang dibutuhkan lebih besar ketimbang proses pencuci, yakni sekitare 2000 watt.

Related Post